Thursday, July 25, 2013

2 Pisang, Buah Yang Istimewa


Hello kawan Apache Kingdom, masih dalam pembahasan mengenai buah nih, kali ini yang ingin aku bahas adalah buah pisang.

Siapa yang tak mengenal buah pisang? Buah berwarna kuning cerah ini memiliki rasa yang khas dan istimewanya bisa mengganjal perut sebab kaya akan karbohidrat. Pisang termasuk salah satu buah yang mudah dijumpai di mana-mana. Indonesia memang negara tropis dan buah pisang adalah salah satu komoditas tanaman yang tumbuh subur di daerah tropis. Karena melimpah, buah pisang dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

Selain sebagai sumber karbohidrat, ternyata pisang juga merupakan sumber berbagai vitamin, serat dan juga beta karoten. Kabarnya, konsumsi 1 pisang sehari akan menjauhkan Anda dari serangan jantung! Wow, hebat bukan!

Oke kawan Apache Kingdom, berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dari buah pisang:

1. Dapat meningkatkan konsentrasi
Kandungan kalsium yang terdapat dalam buah pisang dapat membantu meningkatkan konsentrasi, sehingga buah pisang sangat baik untuk dikonsumsi oleh anda yg sedang bermasalah dengan konsentrasi.

2. Baik dikonsumsi oleh ibu hamil
Asam folat yang terkandung dalam buah pisang, bersifat mudah diserap oleh janin melalui rahim. Oleh karena itu mengkonsumsi buah pisang dianjurkan untuk ibu hamil, Tapi tentunya sesuai dengan kebutuhan tubuh dan janin.

3. Menjaga kesehatan saluran pencernaan
Serat dan karbohidrat dalam buah pisang dapat membantu mengatur sistem saluran pencernaan tubuh, dan membantu mengontrol gerakan usus agar tetap teratur. Selain itu, Pektin yg terdapat didalamnya dapat meningkatkan sistem kerja pencernaan secara keseluruhan dan mencegah sembelit.

4. Mencegah stress
Konsumsi buah pisang secara teratur dapat membantu menyeimbangkan kadar potasium dalam tubuh. Kadar potasium yg cukup akan memberikan ketenangan pikiran dan menjauhkan diri dari stress.

5. Membantu meningkatkan fungsi ginjal
Potasium dalam buah pisang juga dapat memberikan efek positif pada ginjal. Dengan cukupnya kandungan potasium dalam tubuh. Maka akan memudahkan tubuh dalam mengontrol pengeluaran kalsium dalam urin.sehingga kondisi ini akan menjaga ginjal tetap baik. Selain itu, kandungan senyawa fenolik antioksidan dalam buah pisang cukup tinggi. Senyawa ini membantu menjaga kesehatan ginjal.

6. Membantu memperkuat tulang
Kandungan prebiotik dalam buah pisang yang disebut fructooligosaccharide akan membantu tubuh dalam menyerap nutrisi terutama kalsium secara lebih mudah. Dengan banyaknya kalsium yang terserap tubuh, maka kebutuhan tulang akan kalsium dapat tercukupi, sehingga resiko tulang terserang osteoporosis akibat kekurangan kalsium dapat dihindarkan.

7. Menurunkan resiko tekanan darah tinggi
Kadar kalium tinggi serta kandungan sodium rendah. Menjadikan buah pisang layak untuk dikonsumsi untuk menurunkan resiko tekanan darah tinggi dan juga stroke.

8. Menjaga kesehatan mata
Kandungan vitamin A dapat menjaga kesehatan mata. Selain itu, buah pisang kaya akan kalium, kalium dapat membantu menjegah mata kering dengan mengontrol keseimbangan natrium dalam mata dan juga pelepasan cairan.

9. Mencegah kulit kering
Vitamin A dan Kalium dlm buah pisang juga berguna untuk menjaga kelembaban kulit dan membantu menghindarkan kulit kering.

10 . Sebagai sumber tenaga
Kandungan gula dalam buah pisang bersifat mudah larut sehingga dapat dengan mudah diserap tubuh dan diubah menjadi glukosa yang akhirnya akan diproses menjadi sumber energi tubuh. Oleh karena itu, buah pisang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para pekerja berat ataupun para atlit untuk mengganti energi mereka setelah beraktivitas.

11. Mencegah anemia
Tingginya kandungan zat besi dalam pisang,menjadikan buah ini sangat baik dikonsumsi terutama bagi anda yang terserang anemia. Dgn kandungan zat besi ini, bisa membantu fungsi hemoglobin dalam tubuh menjadi stabil serta mengembalikan tekanan darah dalam keaadaan normal.

12. Meredakan nyeri haid
Vitamin B6 dlm buah pisang bisa berperan dalam meredakan rasa sakit ketika haid pada wanita.

13. Mengurangi efek nikotin pada tubuh
Bagi anda yg berkeinginan berhenti merokok, dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi buah pisang , karena kandungan B6 dan B15 dalam buah pisang dapat membantu mengurangi efek nikotin dalam tubuh anda.

Buah pisang memang istimewa, tak hanya dagingnya saja, ternyata kulit buah pisang pun tak kalah menakjubkan. Jika selama ini Anda hanya menganggapnya sampah, mulai saat ini Anda harus berpikir ulang. Sebab manfaat kulit pisang cukup beragam dan telah teruji secara klinis.


Sebelum membedah manfaat kulit pisang, tak ada salahnya memahami senyawa apa saja yang terdapat di dalam kulit yang sering dianggap limbah tersebut. Secara umum, kulit pisang banyak mengandung karbohidrat, air, vitamin C, kalium, lutein, anti-oksidan, kalsium, vitamin B, lemak, protein, beragam vitamin B kompleks di antaranya vitamin B6, minyak nabati, serat, serotonin dan banyak lagi lainnya. Semua komponen senyawa ini memiliki beragam khasiat yang baik bagi tubuh. Tak hanya itu, kulit pisang juga ternyata bisa menjadi sumber energi alternatif! Kok bisa sih!

Nah, Berikut ini adalah Manfaat Kulit Pisang:

1. Sebagai penambah mood
Tahukah Anda bahwa kulit pisang kaya akan zat serotonin. Zat ini bertanggungjawab atas rasa bahagia dalam tubuh manusia. Dan dengan rutin mengkonsumsi kulit pisang, akan membantu Anda lebih rileks dan bahagian tentunya. Di luar negeri, smooties pisang selalu bercampur bersama kulit. Sementara di Indonesia, smoothies pisang hanya berupa daging pisang yang dihaluskan.

2. Sebagai pereda nyeri
Kulit pisang mengandung sejumlah minyak nabati juga sneyawa tertentu yang sangat baik meredam rasa nyeri. Caranya cukup mudah, tenpekan kulit pisang yang sudah dibersihkan dan juga masih dalam keadaan segar pada bagian tubuh Anda yang mengalami rasa nyeri karena terbakar atau tergores benda tajam.

3. Mengatasi rasa gatal
Jika Anda sering merasakan gatal akibat gigitan serangga dan juga semut, gunakan kulit pisang. Cukup tempelkan di permukaan kulit yang gatal.

4. Mengusir kutil pengganggu
Kutil memang biasanya kecil, tapi tetap saja mengganggu. Hal ini bisa Anda atasi dengan kulit pisang. caranya cukup tempelkan kulit pisang pada kutil, tahan lalu rekatkan dengan plaster dan biarkan selama mungkin. Lakukan hal ini sampai kutil berhenti tumbuh dan hilang sepenuhnya dari kulit.

5. Mempercepat penyembuhan luka
Jika Anda punya luka yang sudah tertutup lapisan kulit menghitam dan tampak mengganggu, cukup tempelkan kulit pisang agar lapisan kulit hitam tersebut segera hilang tanpa bekas.

6. Melenyapkan sakit kepala
Caranya, cukup haluskan kulit pisang dan tempel pada bagian kepala seperti mengkompres. Dalam beberapa waktu, sakit kepala Anda akan hilang.

7. Mengatasi jerawat
Caranya sama seperti yang lain. Cukup ditempelkan. Bisa juga dihaluskan dan kemudian dibuat seperti masker. Gunakan di malam hari.

8. Sebagai sumber tenaga alternatif
Penelitian terbaru membuktikan kulit pisang mengandung tenaga listrik sehingga bisa menjadi tenaga batu batere.

9. Sebagai pakan hewan ternak
Manfaat ini sudah banyak diketahui tentunya.

10. Menyuburkan tanah
Kulit pisang bisa berperan sebagai pupuk kompos. Caranya, cukup taruh di tanah yang hendak Anda sehatkan.

11. Pengganti semir sepatu
Caranya cukup mudah, kupas kulit pisang dan gunakan kulit tersebut ke sepatu Anda.

12. Sebagai penjernih Air dan minyak
Kulit pisang yang paling baik adalah jenis pisang emas. Caranya, cukup masukkan ke dalam air dan juga minyak yang hendak dijernihkan.

13. Untuk dikonsumsi
Tahukah Anda bahwa saat ini telah banyak dikembangkan tepung terigu berbahan dasar kulit pisang khususnya pisang ambon? Kualitasnya, tak kalah dibandingkan jenis tepung lainnya.

Wah, hebat juga ya pisang, Pisang Memang Buah Yang Istimewa, bukan hanya isinya saja yang bermanfaat tapi kulitnya juga. Oleh karena itu jangan segan-segan kalian memakan buah pisang, dan jangan lupa juga kumpulkan kulit pisangnya. Lagian juga kalo kalian membuang kulit pisang sembarangan kan bisa berbahaya kalo terinjak orang.

Keep learn to be better with Apache Kingdom ! :)




Sumber: khasiatbuahpisang

2 comments

August 1, 2013 at 1:33 AM

nice info teman...berkunjung balik ya...

August 12, 2013 at 8:37 AM

aku juga suka pisang, :)

Post a Comment

Archive

Apache Followers

 

Apache Recent Comments

Apache Traffic