Wednesday, July 24, 2013

1 Apel Serta Manfaatnya


Hello kawan Apache Kingdom, kali ini Apache Kingdom menambah kembali label pembahasan yaitu tentang Buah-buahan atau aku beri label Fruits Kingdom.

Dalam pembahasan pertama di Fruits Kingdom, aku akan membahas tentang Buah Apel. Ada yang suka makan buah Apel? Hmm, siapa sih yang gak doyan sama buah yang satu ini, memandangnya aja udah bikin ngiler, apalagi kalo nempel dimulut, yummy deh...

Nah, sobat Apache Kingdom, Apel adalah salah satu jenis buah yang sangat populer dan banyak disukai oleh masyarakat di dunia ini. Jelas donk.. Rasanya yang manis dan lembut tekstur buah, menjadikan buah ini sebagai salah satu favorit sebagian besar masyarakat. Aku salah satunya. ^_^

Ternyata, selain memiliki rasa yang lezat, buah apel juga kaya akan kandungan zat-zat/senyawa yang bermanfaat untuk tubuh kita. Dengan mengkonsumsi buah apel secara rutin dan teratur, maka dapat meningkatkan kesehatan tubuh kita.


Berikut klasifikasi ilmiahnya dari buah Apel:
  • Kerajaan : Plantae
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Rosales
  • Famili : Rosaceae
  • Upafamili : Maloideae atau Spiraeoideae
  • Bangsa : Maleae
  • Genus : Malus
  • Spesies : M. domestica
  • Nama binomial : Malus domestica

Telah terbukti juga bahwa Apel juga memiliki peranan penting bagi kesehatan, dibawah ini adalah 7 manfaat buah Apel bagi kesehatan tubuh kita:

1. Sistem pencernaan

Serat pada buah apel mampu mencegah penyakit yang berkaitan dengan sistem pencernaan, seperti konstipasi atau diare. Hal ini karena serat dalam apel membantu menyerap air dalam usus dan membuat sistem pencernaan lancar.

2. Kesehatan gigi

Menggigit dan mengunyah apel mampu merangsang produksi air liur dalam mulut. Hal ini akan mengurangi kemungkinan gigi keropos dan menurunkan tingkat bakteri dalam mulut.

3. Sistem kekebalan tubuh

Apel merah mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa quercetin mampu meningkatkan kekebalan tubuh, terutama ketika Anda sedang depresi.

4. Katarak

Penelitian jangka panjang menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi diet buah kaya antioksidan seperti apel memiliki risiko terkena katarak 10 - 15 persen lebih sedikit.

5. Risiko Alzheimer

Sebuah penelitian pada tikus menunjukkan bahwa mengonsumsi jus apel mampu mencegah penuaan otak. Tikus dalam penelitian yang mengonsumsi apel menunjukkan hasil tes yang lebih baik dalam hal kemampuan kognitif.

6. Kanker

Peneliti di Cornell University telah mengidentifikasi beberapa senyawa bernama triterpenoids yang terdapat pada kulit apel. Senyawa ini diketahui mampu menghambat pertumbuhan sel kanker lever, usus besar, dan payudara. Penelitian sebelumnya menemukan bahwa ekstrak buah apel mampu menurunkan jumlah dan ukuran tumor pada tikus. Apel yang tinggi serat juga diketahui mampu menurunkan risiko kanker usus besar.

7. Diabetes

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anita yang mengonsumsi setidaknya satu apel sehari memiliki kemungkinan 28 % lebih sedikit untuk terkena diabetes tipe-2 dibandingkan wanita yang tidak mengonsumsi apel. Hal ini dikarenakan oleh serat pada apel yang bisa mengontrol tingkat gula darah.

Wow, gak nyangka ya buah Apel memiliki manfaat sebanyak itu ! Makanya mulai sekarang juga yuk kita konsumsi buah Apel secara rutin setiap hari.. Agar tubuh kita terjaga kesehatannya.

Keep learn to be better with Apache Kingdom !



Sumber: merdeka

1 comment

July 24, 2013 at 5:04 PM

Aku paling doyan ama apel sob..

Post a Comment

Archive

Apache Followers

 

Apache Recent Comments

Apache Traffic