Monday, July 22, 2013

4 Bawang Merah Dan Fakta-faktanya


Bawang merah (Allium cepa L. Kelompok Aggregatum) adalah sejenis tanaman yang menjadi bumbu berbagai masakan Asia Tenggara dan dunia. Orang Jawa mengenalnya sebagai brambang. Bagian yang paling banyak dimanfaatkan adalah umbi, meskipun beberapa tradisi kuliner juga menggunakan daun serta tangkai bunganya sebagai bumbu penyedap masakan. Tanaman ini diduga berasal dari daerah Asia Tengah dan Asia Tenggara.

Bunga bawang merah merupakan bunga majemuk berbentuk tandan yang bertangkai dengan 50-200 kuntum bunga. Pada ujung dan pangkal tangkai mengecil dan dibagian tengah menggembung, bentuknya seperti pipa yang berlubang didalamnya. Tangkai tandan bunga ini sangat panjang, lebih tinggi dari daunnya sendiri dan mencapai 30-50 cm. Bunga bawang merah termasuk bunga sempurna yang tiap bunga terdapat benang sari dan kepala putik. Bakal buah sebenarnya terbentuk dari 3 daun buah yang disebut carpel, yang membentuk tiga buah ruang dan dalam tiap ruang tersebut terdapat 2 calon biji.Buah berbentuk bulat dengan ujung tumpul. Bentuk biji agak pipih. Biji bawang merah dapat digunakan sebagai bahan perbanyakan tanaman secara generatif.

Bawang merah mengandung vitamin C, kalium, serat, dan asam folat. Selain itu, bawang merah juga mengandung kalsium dan zat besi. Bawang merah juga mengandung zat pengatur tumbuh alami berupa hormon auksin dan giberelin. Kegunaan lain bawang merah adalah sebagai obat tradisional, bawang merah dikenal sebagai obat karena mengandung efek antiseptik dan senyawa alliin. Senyawa alliin oleh enzim alliinase selanjutnya diubah menjadi asam piruvat, amonia, dan alliisin sebagai anti mikoba yang bersifat bakterisida.

Fakta Tentang Bawang Merah


Bawang merah adalah tanaman semusim dan memiliki umbi yang berlapis. Umbi dari tanaman bawang merah merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia. Tanaman mempunyai akar serabut, dengan daun berbentuk silinder berongga. Umbi terbentuk dari pangkal daun yang bersatu dan membentuk batang yang berubah bentuk dan fungsi membesar dan membentuk umbi berlapis. Umbi bawang merah terbentuk dari lapisan- lapisan daun yang membesar dan bersatu. Umbi bawang merah bukan merupakan umbi sejati seperti kentang atau talas.

Manfaat Bawang Merah

Bawang goreng adalah bawang merah yang diiris tipis dan digoreng dengan minyak goreng yang banyak. Pada umumnya, masakan Indonesia berupa soto dan sup menggunakan bawang goreng sebagai penyedap sewaktu dihidangka. bawang goreng merupakan bumbu yang paling sering di gunakan orang indonesia untuk membuat masakan.

Kenapa Keluar Air Mata Saat Mengupas Bawang?

Umbi bawang merah dan bawang bombay dikenal dapat menginduksi keluarnya air mata apabila diiris. Hal ini disebabkan reaksi berantai yang terjadi dalam sel-sel umbinya. Apabila umbi lapis diiris, sel-selnya akan pecah dan melepaskan berbagai senyawa yang terkandung di dalamnya.

Keep learn to be better with Apache Kingdom !


Sumber: wikipedia

4 comments

July 22, 2013 at 4:57 PM

ciyeee, ganti template lagi ya sob? wow, tambah kereeeen!!!
hmm, aku paling suka tuh ama gorengan bawang, dulu wkt kcl sering bgt mkn hanya dgn gorengan bawang, itu tuh, bawang diiris2 kcl trs ksh sedikit garam ama pecin, trs ditaburin di atas nasi, enak bgt tuh...

July 23, 2013 at 8:37 AM

oh, jd gitu toh knp kita bs menangis saat ngupas bawang, tp kata org sih, itu ada hubungannya dgn kisah legenda bawang merah dan bwng putih.. menurtmu gmn?

July 24, 2013 at 1:18 PM

@Penghuni 60
iya mas wawan, ganti template, yg dulu bosen.. :D hehe, sama aku jg suka ama goreng bawang

July 24, 2013 at 1:20 PM

@Fitriyana [Gardens Tips]
Haha, itu kan cm mitos doank Fit, gak usah dipercaya

Post a Comment

Archive

Apache Followers

 

Apache Recent Comments

Apache Traffic